Senin, 10 Februari 2014

MENGIDENTIFIKASI BENTUK KERJASAMA INDONESIA DENGAN NEGARA LAIN



Indonesia punya beberapa bentuk kerjasama dengan beberapa negara lain, bagi kalian yang belum tahu atau yang sudah tahu tapi lupa ini mungkin bisa sedikit membantu. Silahkan dibaca……..

A. Bilateral
                   Kerja sama bilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan dua negara dan bersifat membantu satu samalain
1. Hubungan Internasional Indonesia dengan Korea
                   Hubungan internasional Indonesia dengan Korea berjalan di segala bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, Indonesia dan Korea melakukan suatu kerjasama dalam bentuk beasiswa bagi siswa dan mahasiswa Indonesia untuk belajar di Korea.
2. Hubungan Internasional Indonesia – Norwegia
                   Salah satu contoh dekatnya hubungan antara kedua negara ini dapat dilihat dari meningkatnya kegiatan seminar dalam bidang peningkatan produksi minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery), dan teknologi laut dalam.
3. Hubungan Internasional Indonesia-Inggris
                   Hubungan Indonesia – Inggris berjalan di sektor perekonomian. Salah satu bentuk koneksi dagang Indonesia-Inggris adalah ekspor migas ke Inggris karena Inggris tak memiliki cadangan minyak bumi. Bentuk kerjasama Indonesia-Inggris di sektor perdagangan antara lain ekspor baja, karet alam, mebel dari kayu ke Inggris.
4. Hubungan Internasional Indonesia-Jepang
                   Hubungan ini dalam bentuk forum investasi bersama tingkat tinggi pemerintah swasta antara Jepang dan Indonesia.
5. Hubungan Internasional Indonesia-Ethiopia
               Hubungan ini melalui ekspor-impor produk utama Ethipopia dari Indonesia. Produk itu antara lain adalah sabun, benang, batu baterai, perlengkapan dapur, kertas. Sedangkan ekspor produk utama Ethiopia ke Indonesia adalah kulit 

B. Regional
                   Kerja sama regional adalah kerja sama ekonomi di antara beberapa negara yang berada di kawasan tertentu.
1. Hubungan Internasional Indonesia dengan Negara-Negara ASEAN
              Hubungan Indonesia dengan negara-negara ASEAN salah satunya di bidang perdagangan yaitu AFTA (ASEAN Free Trade Area) yaitu dimana negara-negara yang berada di kawasan ASEAN dapat melakukan perdagangan bebas untuk melakukan ekspor impor tanpa dikenakan bea cukai. 

C. Multilateral   
                   Kerja sama ekonomi multilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan banyak negara dan tidak terikat oleh wilayah atau kawasan negara tertentu.
  1. Hubungan Internasional Indonesia  dengan banyak negara di seluruh dunia
                Hubungan Indonesia dengan PBB dalam bentuk perundingan mengenai hukum internasional dan tindakan terkait dengan masalah internasional.
                Dengan hubungan ini negara Indonesia berhak untuk mengajukan pandangan terhadap isu internasional. Bergabungnya Indonesia ke dalam PBB mempercepat proses penyelesaian konflik Indonesia – Belanda (penjajah), sehingga  mau mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949

Tidak ada komentar:

Posting Komentar