Senin, 10 Februari 2014

MATERI TENTANG RANGKUMAN ATAU RINGKASAN



Buat kalian semua yang lagi dapat tugas merangkum ataupun yang kepingin ngerti tentang seluk beluk rangkuman, semoga ini bisa membantu. Maaf kalau nggak lengkap ya….
Pengertian Rangkuman
Hasil dari kegiatan merangkum atau suatu hasil dari kegiatan meringkas suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proposional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya.
Syarat ringkasan atau rangkuman seperti uraian di bawah ini :
1.   Bentuk penyajian singkat dari suatu karangan asli.
2.   Mempertahankan urutan pembahasan dan sudut pandang pengarang atau penulisnya.
3.   Tetap memperhatikan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli
Tujuan rangkuman
Membantu kita memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan. Dengan membuat rangkuman, seseorang dibimbing dan dituntun  membaca  karangan asli dengan cermat dan menuliskan kembali dengan tepat.
Manfaat rangkuman
Sebagai sarana untuk membantu kita dalam mengingat isi sebuah buku atau suatu uraian yang begitu panjang. Dengan membaca rangkuman,kita seakan-akan memahami keseluruhan buku secara utuh.
Langkah-langkah membat rangkuman isi buku dengan tepat adalah sebagai berikut :
1.   Cermati judul buku dan pengarang
2.   Bacalah kata pengantar.Jika buku yang kita baca mempunyai kata pengantar tentukan ide pokok dalam kata pengantar sesuai dengan judulnya.
3.   Bacalah daftar isi.Daftar isi sebuah buku akan memandu isi pokok uraian di dalam buku tersebut.
4.   Cermatilah judul tiap-tiap babnya.
Temukan pokok-pokok atau gagasan utama di setiap bab atau bagian. Rumuskanlah tiap-tiap bab dalam 2 atau 3 kalimat sederhana tanpa mengubah maksud pengarang buku. Urutkan rumusan kalimat-kalimat tersebut dari bab pertama hingga terakhir,berpeganglah bahwa rumusan kalimat tersebut masih selaras dengan judul tiap bab, bacalah daftar isi untuk mencocokannya.

1 komentar: