Senin, 10 Februari 2014

MATERI TENTANG DISKUSI



Nih materi buat kalian semua yang lagi bingung mikirin apa sih diskusi itu. Ya walaupun gak lengkap lengkap banget tapi semoga materi ini bermanfaat buat kalian semua……
PENGERTIAN DISKUSI

  • Diskusi adalah sebuah pertukaran fikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat.

KEUNTUNGAN DISKUSI

  • Diskusi sebagai media latihan permulaan untuk menumbuhkan keberanian mengemukakan pendapat, percaya diri, dan saling menghagai pendapat orang lain.

JENIS JENIS DISKUSI
1.   Diskusi Panel
           Diskusi panel pada prinsipnya melibatkan beberapa penulis yang mempunyai keahlian dalam bidang masing-masing dan bersepakat mengutarakan pendapat dan pandangannya mengenai suatu masalah untuk kepentingan pendengar. Dengan mendengarkan pendapat para ahli, pendengar akan di bimbing ke arah berpikir secara kritis dan melatih kemampuan menganalisis masalah.
2.   Seminar
          Seminar merupakan suatu pertemuan untuk membahas suatu masalah melalui diskusi untuk mendapatkan suatu keputusan bersama. Tujuan seminar adalah untuk mendapatkan jalan keluar dari suatu masalah. Kesimpulan atau keputusan yang diambil dalam seminar bisa dalam bentuk usul, saran,resolusi, atau rekomemdasi.
3.   Simposium
           Simposium hampir sama dengan dikusi panel, hanya lebih bersifat formal. Dalam symposium tidak diambil suatu keputusan, tetapi hanya untuk mendapat perbandingan tentang suatu masalah.
4.   Rapat
           Rapat merupakan pertemuan antara para anggota di lingkungan kantor/ perusahaan/organisasi sendiri untuk membicarakan, merundingkan suatu masalah yang menyangkut kepentingan bersama.
5.   Kongres
          Adalah pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai pelbagai masalah.
6.   Mukhtamar
          Pada dasarnya istilah mukhtamar memiliki makna yang sama dengan istilah kongres, hanya saja istilah ini lebih dikenal di kalangan organisasi-organisasi islam. Misalnya : mukhtamar muhamadiyah, mukhtamar nahdatul ulama dan lain sebagainya.
7.   Pembekalan
          Pembekalan juga merupakan suatu bentuk pertemuan yang bertujuan memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) kepada pra peserta agar mereka memiliki wawasan yang lebih luas berkaitan dengan lingkup kerja mereka.   
    8.   Munas (Musyawarah Nasional)
          Munas atau musyawarah nasional adalah suatu musyawarah, perundingan atau rapat perundingan yang bersifat nasional yang dihadiri oleh berbagai perwakilan dari seluruh Indonesia untuk membicarakan suatu masalah demi kepentingan nasional.  
    9.   Loka Karya
          Adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya. Sebuah loka karya adalah pertemuan ilmiah yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar