Senin, 10 Februari 2014

MATERI TENTANG PENELITIAN



Bagi kalian yang dapat tugas buat bikin sebuah hasil penelitian, saya sarankan kalian membaca materi ini terlebih dahulu. Tujuannya untuk meminimalisir kesalahan dalam pengerjaan pembuatan laporan. Semoga sukses…..
PENGERTIAN PENELITIAN
Penelitian didefinisikan sebagai : Suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, dan usaha-usaha itu dilakukan dengan metode ilmiah.
MACAM MACAM HASIL PENELITIAN
ü Berdasarkan Pendekatan
a) Penelitian Kuantitatif
                   Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode ilmiah yang memiliki kriteria seperti: berdasarkan fakta, bebas prasangka, menggunakan prinsip analisa, menggunakan hipotesa, menggunakan ukuran objektif dan meggunakan data kuantitatif atau yang dikuantitatifkan.
b). Penelitian Kualitatif
                   Penelitian dengan meggunakan metode kualitatif merupakan penelitian yang bersifat non ilmiah yang datanya bersifat kualitatif. Penelitian ini bukan penelitian ilmiah tetapi penelitian yang bersifat alamiah. Penelitian kualitatif memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan penelitian jenis lainnya.
 Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah:
1. Berdasarkan alamiah,
2. Manusia sebagai instrument,          
3. Modelnya kualitatif,                
4. Analisis datanya secara induktif,   
5. Teori dari dasar,    
6.   Deskriptif
7.   Lebih mementingkan proses daripada hasil
8.   Adanya batas yang ditentukan oleh fokus
9.  Adanya kriteria khusus untuk keabsahan data
10. Desain penelitian dibandingkan dan disepakati bersama

ü Berdasarkan Fungsi
a. Penelitian Dasar
                   Penelitian dasar (basic research) disebut juga penelitian murni (pure research) atau penelitian pokok (fundamental research), yaitu penelitian yang diarahkan pada pengujian teori, dengan hanya sedikit atau bahkan tanpa menghubungkan hasilnya untuk kepentingan praktik
b. Penelitian Terapan
                   Penelitian terapan (applied research) berkenaan dengan kenyataan-kenyataan praktis, penerapan, dan pengembangan pengetahuan yang dihasilkan oleh penelitian dasar dalam kehidupan nyata. Penelitian terapan adalah penyelidikan yang hati-hati, sistematik dan terus-menerus terhadap suatu masalah dengan tujuan untuk digunakan dengan segera pada keperluan tertentu. Hasil penelitian tidak perlu sebagai suatu penemuan yang baru, tetapi merupakan aplikasi baru dari penelitian yang telah ada.
c. Penelitian Evaluatif
                   Penelitian evaluatif (Evaluation research) difokuskan pada suatu kegiatan dalam suatu unit tertentu. Kegiatan tersebut dapat berbentuk program, proses ataupun hasil kerja, sedangkan unit dapat berupa tempat, organisasi, tau lembaga.
ü Berdasarkan Tujuannya
a. Penelitian Deskriptif
                   Penelitian deskriptif (deskriptif research) ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Dalam studi ini para peneliti tidak melakukan manipulasi atau memberikan perlakuan-perlakuan tertentu terhadap objek penelitian, semua kegiatan atau peristiwa berjalan seperti apadanya.
b. Penelitian Prediktif
                   Penelitian prediktif (predictive research) ditujukan untuk memprediksi atau memperkirakan apa yang akan terjadi atau berlangsung pada saat yang akan datang berdasarkan hasil analisis keadaan saat ini. Dapat dilakukan melalui studi kecenderungan dengan melihat perkembangan melalui jangka waktu tertentu, pada saat ini atau pada saat yang lalu dapat dilihat kecenderungannya pada masa yang akan datang.
 c. Penelitian Improftif
                   Penelitian inproftif (improvetive reasearch) ditujukan untuk memperbaiki, meningkatkan atau menyempurnakan suatu keadaan, kegiatan atau pelaksanaan suatu program.
d. Penelitian Eksplanatif
                   Penelitian eksplanatif (explanative research) ditujukan untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antar suatu fenomena untuk variabel. Penelitian eksplanatif mencoba untuk mencarai hubungan antar hal tersebut. Hubungan tersebut bisa berbentuk hubungan korelasional atau saling hubungan, sumbangan atau kontribusi suatu variabel terhadap variabel lainnya.
HAL-HAL YANG DILAKUKAN PADA TAHAP PERENCANAAN
a)   Menentukan tema
b)   Menentukan tujuan
c)    Menentukan metode
d)   Menentukan instrumen pengumpulan data

LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
q Awal
1)   Identifikasi, pemilihan dan perumusan masalah penelitian
2)   Penelaahan kepustakaan
3)   Perumusan hipotesis 
4)   Identifikasi, klasifikasi dan pendefinisian variabel
5)   Pemilihan atau pengembangan alat pengambil data
6)   Penyusunan rancangan penelitian
7)   Penentuan sampel
q Pelaksanaan
1)   Pengumpulan data
2)   Pengolahan dan analisis data
3)   Interpretasi hasil analisis
q Akhir
1)   Penyusunan laporan
SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN
Ø Judul
                   Judul mengidentifikasi subyek laporan hasil penelitian
Ø Ringkasan Ekskutif (abstrak)
                   Ringkasan Eksekutif berisi ringkasan hasil laporan secara keseluruhan biasanya membicarakan hasil temuan penelitian, metode yang digunakan serta kesimpulannya
Ø Daftar Isi
                   Daftar  Isi berisi tentang judul-judul dan sub-judulnya pokok-pokok bahasan seluruh isi laporan hasil penelitian
Ø Pendahuluan
Isi Laporan yang mencakup:
Isi menguraikan tentang detil-detil pokok penelitian mencakup
1.   Metodologi apa yang digunakan dalam melakukan penelitian tersebut
2.   Hasil penelitian sebenarnya
3.   Pernyataan adanya keterbatasan yang ada dalam penelitian tersebut

Keterangan :
Metodologi
                   Metodologi terutama mendiskusikan tentang metode dan prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan dan menganalisa data. Pada bagian metodologi ini peneliti harus menguraikan semua hal yang berkaitan dengan penggunaan metode dan prosedur pengumpulan dan analisa data secara detil sehingga pembaca dapat melihat kualitas hasil penelitian tersebut melalui cara-cara peneliti menggunakan metode dan prosedur dalam melakukan kegiatan penelitian tersebut.
Hasil Penelitian
                   Pada bagian hasil penelitian peneliti harus dapat secara jelas menggambarkan temuan-temuan pokok penelitian yang dipaparkan secara logis dan mudah dipahami oleh pembaca misalnya dengan menggunakan bantuan grafik, table atau gambar.
Batasan-Batasan
                   Pada bagian batasan hasil penelitian peneliti menuliskan pernyataan mengenai batasan-batasan studi, yang biasanya menguraikan secara eksplisit bahwa peneliti ingin mendapatkan hasil penelitian yang sempurna, tetapi pada kenyataannya tujuan tersebut tidak akan pernah tercapai. Oleh karena itu, peneliti menyampaikan kelemahan-kelemahan hasil penelitiannya kepada para pembacanya agar mereka menyadari adanya kelemahan-kelemahan dalam studi tersebut.
Ø Kesimpulan dan Saran
                   Kesimpulan dan Saran pada bagian ini peneliti harus mampu menggambarkan rasional atau alasan ilmiah dari mana kesimpulan itu dihasilkan. Langkah-langkah dalam menyusun kesimpulan harus diterangkan tahapannya secara detil sehingga pembaca dapat mengetahui dari mana asal kesimpulannya; sehingga peneliti memberikan saran-saran sebagaimana yang ditulisnya.
Ø Apendiks
                    Apendiks berisi semua informasi dan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan penelitian tersebut, misalnya instrumen untuk mengumpulkan data, table-table penghitungan komputer dan bahan-bahan lain yang sesuai dan digunakan dalam penelitian tersebut.  Apendiks mencakup :
a)   Instrumen koleksi data
b)   Tabel-tabel
c)    Bahan-bahan pendukung yang cocok lainnya
MANFAAT PENULISAN LAPORAN PENELITIAN
A.  Sumber informasi
B.  Sebagai bahan ajar
C.  Bukti bahwa peneliti telah menemukan sesuatu
D.  Untuk menunjukkan hasil temuannya agar dikenal oleh banyak pihak (ilmuwan, pemerintah serta masyarakat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar