Senin, 10 Februari 2014

MATERI TENTANG SEMINAR



Bagi yang sudah membaca materi tentang diskusi yang terlebih dahulu saya postkan, pasti tahu kalau didalam diskusi ada berbagai macam bentuk. Salah satunya adalah  seminar. Nah, ini adalah keterangan lebih lanjut tentang seminar…

LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN SEMINAR
A. Persiapan

  • Bentuk panitia seminar.
  • Tentukan topik bahasan/tema sekaligus tujuannya.
  • Tentukan jumlah peserta yang akan di undang dan gaung kegiatan yang akan dibuat.
  • Tentukan narasumbernya
  • Tentukan tanggal dan tempat diadakannya seminar
  • Tentukan juga konsumsi para peserta yang hadir jangan sampai para peserta tersebut mendengarkan seminar dengan perut yang lapar

B. Pelaksanaan                                          

  • Buat list (check list) apa saja yang dibutuhkan agar seminar pada hari tersebut berhasil.
  • Siapkan agenda seminar untuk hari tersebut; MC,  waktu, pembicara, dsb.
  • Pikirkan apa lagi yang dibutuhkan untuk hari seminar tersebut (contoh: absen hadir, makalah yang di copy, laptop, dsb, dsb).
  • Susunlah ruangan seminar yang sesuai.
  • Persiapkan dokumentasi.Tentu sangat tidak menarik jika seminar yang diadakan tersebut tidak ada pendokumentasian. Pilihlah jasa fotografer yang bagus dalam hal ini.

C. Evaluasi
          Siapkan lembar evaluasi untuk melihat bagaimana mutu dari seminar yang sudah dilakukan.
SYARAT-SYARAT SEMINAR YANG EFEKTIF

  • Tentukan tema yang menarik
  • Hadirkan nara sumber yang berpengalaman.
  • Ruang seminar :

          Ruang seminar yang memadai adalah sebuah ruang yang memungkinkan interaksi aktif selurah peserta seminar. Sebuah meja bundar besar adalah sebuah contoh yang baik. Atau kursi yang disusun dengan melingkar. Ruangan tentu saja harus cukup tenang dan cukup.

  • Moderator

           Peran seorang moderator ada dua: mengarahkan (directing) dan memoderasi (moderating). Dalam mengarahkan, ia menjaga agar seminar tidak melenceng dari tema. Dengan memoderasi, ia menjaga agar tidak ada satu orang atau satu ide tertentu yang terlalu mendominasi seminar sehingga seluruh tema seminar tidak tereksplorasi dengan baik.Seorang moderator yang baik haruslah seorang pendengar dan pembicara yang baik. Ia mampu menangkap maksud sebuah pembicaraan dan membuatnya lebih jelas. Ia mampu memparafrasekan sebuah pertanyaan menjadi pertanyaan lain yang lebih jelas.

  • Peserta :

          Para peserta dapat diajak berfikir logis dan aktif selama berjalannya seminar. Panitia sebaiknya membentuk kelompok yang tidak terlalu besar sehingga memungkinkan setiap peserta mengambil bagian dalam berpendapat.  Peserta harus sudah membaca tentang tema yang akan diseminarkan.Dengan terlebih dahulu membaca tentang tema yang akan diseminarkan, mereka telah mengolahnya di dalam kepala mereka. Mereka telah memiliki bayangan akan apa yang diseminarkan.

  • Jalannya Seminar
          Seminar adalah sebuah diskusi dua arah. Tidak ada seorang yang lebih mendominasi pembicaraan.Etiket harus diperhatikan dalam sebuah seminar Bahasa harus santun dan tidak merendahkan.Bukan berarti seminar tidak bisa dilakukan dengan ringan dan diiringi tawa, namun canda dan tawa dilakukan dengan wajar dan memberi makna di dalam seminar.Seminar adalah sebuah tempat untuk menggodok ide. Ia bukanlah tempat untuk membenarkan diri. Setiap orang harus kritis namun menerima bila ada pendapat yang lebih baik. Di dalam seminar semua orang memiliki posisi yang sama.Sebuah seminar yang baik tidaklah harus menghasilkan sebuah kesimpulan tunggal. Setiap orang bisa pulang dengan pendapatnya masing-masing. Yang terpenting adalah mata mereka lebih terbuka, mereka telah melihat ide-ide baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh mereka.
KEUNTUNGAN SEMINAR
}  Sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi peserta
}  Membangkitkan pemikiran yang logis
}  Membangkitkan tingkat konsentrasi yang tinggi padi diri peserta
}  Meningkatkan keterampilan dalam mengenal problema.
KEKURANGAN SEMINAR
}  Membutuhkan banyak waktu
}  Memerlukan pimpinan yang terampil
}  Sulit dipakai bila kelompok terlalu besar
}  Mengharuskan setiap anggota kelompok untuk mempelajari masalah yang akan dibahas terlebih dahulu
KESIMPULAN DARI SEMINAR
Seminar merupakan salah satu jenis diskusi yang bertujuan untuk membahas suatu permasalahan sehingga mendapatkan jalan keluar. Seminar disampaikan dengan etiket atau bahasa yang santun. Suasananya serius tapi tetap santai agar para peserta dapat aktif mengikuti jalannya seminar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar